Jumat, 10 Desember 2010

Hubungan Sosial Masyarakat dengan ilmu TI


Kata pengantar
Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan segala rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah ini dapat diselesaikan. Makalah ini membahas tentang “HUBUNGAN SOSIAL MASYARAKAT DENGAN ILMU TEKNIK INFORMATIKA”
            Diharapkan makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk menambah informasi dan pengetahuan tentang hubungan sosial masyarakat pada era modern ini dengan ilmu teknik informatika.
            Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran pembaca yang bersifat membangun untuk lebih menyempurnakan makalah ini. Akhir kata penulis ucapkan semoga makalah ini dapat bermanfaat.


Depok,Desember 2010

Penulis


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
Teknik informatika merupakan salah satu cabang keilmuan yang cukup luas karena hampir mencakup dan terkait dengan berbagai hal tentang kehidupan ini, dimana kumpulan disiplin informatika ini meliputi sains maupun teknik yang secara spesifik mengolah data menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi informasi atau komputer. Komputer sebagai bahan utama dalam bidang keilmuan ini memiliki peranan yang sangat tinggi, sehingga informatika secara sederhana mengupas mulai dari bagaimana mesin tersebut bisa bekerja, bagaimana suatu data diolah dengan cara yang dimengerti oleh mesin sedangkan informasinya dimengerti juga oleh manusia, sampai bagaimana mesin tersebut mampu berkomunikasi dengan mesin lainnya.
Sosialisasi terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan serta berintergrasi fungsional. Sistem yang dimaksudkan terdiri dari pola-pola kebudayaan dan struktur sosial yang selalu berada dalam keseimbangan dinamis, dalam artian bahwa integrasi antar bagian-bagian tersebut tidak pernah tercapai secara penuh sehingga masyarakat selalu dalam keadaan dinamis. Kehidupan masyarakat tidak lepas dengan adanya interaksi antar individu. Karena dengan berinteraksi akan menimbulkan hubungan-hubungan yang dinamis dalam bermasyarakat.  Dalam penerapan teknologi tersebut, masyarakat akan mempunyai sikap dalam melihat teknologi yang masuk ke wilayah mereka. Masyarakat akan memilih teknologi yang memberikan manfaat dan dampak yang positif untuk kehidupan sehari-hari.
Dari pengertian ini kita dapat menyimpulkan seberapa penting teknik informatika dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam segala bidang apalagi dengan bahan utama komputer kita dapat dengan mudah bersosialisasi.

Semakin canggih teknologi saat ini, semakin besar pula dampak globalisasi yang akan didapat. Maka dari itu teknik informatika selalu hidup berdampingan/ tidak bisa terpisahkan dari kehidupan bermasyarakat.

1.2  Tujuan
Beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam makalah ini adalah :
1.      Untuk mengetahui hubungan sosialisasi antara masyarakat dengan teknologi informasi
2.      Dampak positif dan negatif dari teknologi informasi di masyarakat.


BAB 2
PEMBAHASAN
2.1       Pengertian TI
                Teknik informatika merupakan salah satu cabang keilmuan yang cukup luas karena hampir mencakup dan terkait dengan berbagai hal tentang kehidupan ini, dimana kumpulan disiplin informatika ini meliputi sains maupun teknik yang secara spesifik mengolah data menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi informasi atau komputer. Komputer sebagai bahan utama dalam bidang keilmuan ini memiliki peranan yang sangat tinggi, sehingga informatika secara sederhana mengupas mulai dari bagaimana mesin tersebut bisa bekerja, bagaimana suatu data diolah dengan cara yang dimengerti oleh mesin sedangkan informasinya dimengerti juga oleh manusia, sampai bagaimana mesin tersebut mampu berkomunikasi dengan mesin lainnya.
2.2       Pengertian Interaksi sosial
Interaksi Sosial sebagai Faktor Utama dalam Kehidupan Sosial merupakan syarat utama terjadinya aktivitas-aktivitas sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang-orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dengan kelompok manusia. Interaksi sosial antara kelompok-kelompok manusia terjadi anatara kelompo tersebut sebagai suatu kesatuan dan biasanya tidak menyangkut pribadi anggota-anggotanya.
Interaksi sosial antara kelompok-kelompok manusia terjadi pula di dalam masyarakat. Interaksi tersebut lebih mencolok ketika terjadi benturan antara kepentingan perorangan dengan kepentingan kelompok. Interaksi sosial hanya berlangsung antara pihak-pihak apabila terjadi reaksi terhadap dua belah pihak. Interaksi sosial tak akan mungkin teradi apabila manusia mengadakan hubungan yang langsung dengan sesuatu yang sama sekali tidak berpengaruh terhadap sistem syarafnya, sebagai akibat hubungan termaksud.
2.3      Perkembangan TI
TI yang sudah berkembang dengan pesatnya terutama di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Eropa Barat, dan Jepang  mulai banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam dalam kehidupan umat manusia. Interaksi yang tercapai antara manusia dengan teknologi seperti telepon, komputer, camera, dan sistem digital telah berakibat terjadinya perubahan dalam pola hidup dan hubungan sosial masyarakat
Dengan adanya perkembangan TI maka akan terjadi kecenderungan-kecendurangan pada transformasi masyarakat yang semakin cepat dan semakin meluas. Integrasi telekomunikasi dengan komputer akan semakin merupakan kenyataan. Dengan demikian batas antara public network dan private network akan semakin kabur dan sulit dikontrol. Hidup gaya canggih akan semakin meluas dan akan membawa perubahan-perubahan struktural. Struktur komunikasi akan semakin multidimensi, lebih berkembang ke arah horizontal dan diagonal.
2.4      Peranan TI  Pada Kehidupan Masyarakat
Salah satu peranan TI adalah sebagai penunjang keberhasilan Pembangunan Nasional yang merambah ke masyarakat dalam bentuk pertukaran informasi untuk kelancaran berkomunikasi. Peranan TI pada masyarakat tidak hanya memfasilitasi dan melayani dalam perkembangan ekonomi di masyarakat tersebut, tetapi juga dapat memperbaiki infrastuktur masyarakat.  Peranan itu meliputi semua aspek yaitu aspek sosial-ekonomi, sosial-psikologis, dan sosial-budaya. TI berperan penting dalam aspek sosial-ekonomi dari pada aspek yang lain, dimana TI berperan sebagai penunjang usaha peningkatan produksi daerah, membuka akses yang lebih luas dalam hubungan ekonomi dengan daerah lain, menambah ramai suasana pasar, meningkatkan perhatian orang luar terhadap daerah tersebut termasuk investor, serta meningkatkan nilai rumah dan tanah. Semua itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena ditunjang oleh kemudahan dalam melakukan aktivitas ekonomi dengan menggunakan TI.
2.2      Dampak postif dan negatif dari perkembangan TI dalam hubungan masyarakat
Dampak positif perkembangan TI dalam hubungan sosial masyarakat adalah:
1.      TI sangat membantu masyarakat dalam bidang apa saja seperti kesehatan , pendidikan, industri dll.
2.      Masyarakat jadi lebih mudah untuk mengakses apa saja yang di butuhkan dengan menggunakan teknologi informasi
3.      Memudahkan masyarakat untuk berinteraksi.
4.      Dapat menjadi fasilitas yang sangat berguna dalam berbagai kebutuhan website.
Dampak negatif perkembangan TI dalam hubungan sosial masyarakat adalah :
1.      Dapat terjadi tindakan/kejadian yang tak diinginkan seperti pornografi dan violence.
2.      Masyarakat bisa kecanduan dengan TI.

BAB 3
PENUTUP
3.1       Kesimpulan
Masyarakat sangat erat hubungannya dengan TI , karena TI dapat mempermudah masyarakat untuk berinteraksi. TI Juga dapat mempermudah / membantu masyarakat dalam segala bidang yaitu bidang kesehatan, perdagangan,industri,perbankan,dll.
3.2       Saran
Pembaca diharapkan tidak hanya mengacu pada makalah ini saja, tetapi pembaca harus kreatif dalam pencarian sumber ditempat lain dan dari buku buku yang menyangkut makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat.
DAFTAR PUSTAKA
1.       http://www.total.or.id/info.php?kk=informatika
3.      http://www.jevuska.com/topic/komputer+dan+masyarakat+dibidang+sosial.html
4.      www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar