Selasa, 27 Maret 2012

REVIEW WEBSITE FOTOGRAFI GUNADARMA

Universitas Gunadarma memiliki banyak sekali domain domain . Domain ini bertujuan untuk :
  • Sarana presentasi Profil Universitas yang bisa   diakses di seluruh Indonesia dan dunia.
  • Sarana promosi produk  dan Jasa.
  • Media Komunikasi antar individu dan saling bertukar   informasi misalnya jejaring sosial.
  • Media expresi pribadi maupun   kelompok.
  • Menyediakan sarana penyebar Ilmu Pengetahuan.
  • Tempat untuk belajar baik dengan interaktif langsung maupun Forum   
  • Sarana berbagi file baik berupa program maupun data.
  • Sebagai alat transaksi Online sehingga memudahkan melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja.
 Berikut ini saya akan mengomentari salah satu blog komunitas di Universitas gunadarma , yaitu blog komunitas fotografi .


1. Jenis Website 
     Menurut saya blog komunitas ini termasuk kedalam jenis website dinamis , mengapa ? 
Sebelumnya kita harus mengetahui apa itu jenis website dinamis 
Website dinamis adalah website yang kontennya berubah – rubah. Aplikasi dari website dinamis ini sering kali kita 
 temukan di internet dewasa ini: Portal berita, blog, situs social networking, dll.
Website dinamis selalu memiliki program yang bekerja di sisi server karena dalam rentang waktu tertentu konten dari website tersebut berubah. Jadi, salah satu ciri dari website dinamis adalah adanya program yang berjalan disisi server untuk memanage perubahan data yang ditampilkan oleh website dinamis tersebut.

2. Usability
     Usability (kegunaan) dapat didefinisikan sebagai keramahan-pengguna secara menyeluruh & kemudahan penggunaan website.
Memiliki sebuah blog yang usabel berarti dapat mengurangi tingkat frustrasi bagi pembaca blog kita, yang pada gilirannya akan meningkatkan kenyamanan mereka secara keseluruhan, mereka akan selalu ingat kepada blog kita. Hanya ada beberapa perubahan kecil pada blog kita untuk dapat memiliki dampak berarti pada usability. Ada beberapa saran agar blog maupun website menjadi usable :

1. Buang Aksesoris yang tidak perlu.

Blog yang terlalu banyak aksesoris yang dapat mengganggu kenyamanan membaca akan ditinggalkan oleh pengunjung, terlalu banyak widget yang bertebaran di sidebar & footer akan menjadi mubazir jika konten blog tersebut tidak bermutu. Konten blog bermutu tapi terlalu banyak widget yang dipasang juga tidak bagus untuk usability.
Sebaiknya pasang elemen yang memang benar-benar dibutuhkan untuk meningkatkan usability blog kita, seperti link navigasi, postingan terpopuler serta arsip blog. Bukan berarti elemen lain seperti top komentator, top view serta widget-widget tentang trafik tidak boleh kita pasang – Boleh – Tapi jangan berlebihan sehingga mengganggu kenyamanan membaca.

2. Fokus pada tipografi.

Blog adalah semua tentang konten, sehingga masuk akal untuk memastikan tipografi adalah untuk kenyamanan membaca. Kita tidak harus selalu menggunakan ukuran huruf yang lebih besar atau jenis huruf tertentu untuk meningkatkan tipografi, kita harus dapat memastikan kalau konten kita jelas & terbaca untuk sebagian besar pengguna. Konten adalah kunci tetapi akan menjadi sia-sia jika pengunjung blog kita sulit membacanya.

3. Memanfaatkan ‘white-Space’.

Efektif menggunakan ‘white-space’ juga dapat membantu meningkatkan usability, karena dapat meningkatkan fokus untuk tipe konten kita. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk lebih memanfaatkan ‘white-space di blog kita, diantaranya:
  • Perbesar margin/padding untuk memberikan jarak antara posting dengan sidebar ataupun menu navigasi.
  • Perbesar paragraf menggunakan properti line-height, yang baik untuk meningkatkan keterbacaan & memberikan jarak tambahan spasi.
  • Perbesar jarak antara posting, komentar, & elemen lainnya.
Tidak harus mendisain secara minimalis untuk meningkatkan usability blog kita. Yang penting blog kita mudah & cepat untuk diakses dari manapun juga, sehingga pengunjung merasa betah berlama-lama di blog kita. Buang elemen-elemen yang tidak perlu, tingkatkan keterbacaan dengan memanfaatkan ‘white-space’ serta fokus pada tipografi.

3. Design 
      Menurut saya design yang ditampilkan kurang menarik , dari segi layout nya sangat simpel untuk sebuah website yang menyajikan informasi . Saran saya sebaikanya designnya dibuat semenarik mungkin agar para pengunjung yang melihat akan terkesan melihat website tersebut . Font nya juga kekecilan bagi saya , dari segi warna juga sangat sederhana , jadi sangat kurang menarik untuk dilihat.


4. Accesibility
     Website ini tidak memiliki accesibilty untuk para tuna netra baik dari segi braile input output maupun keterangan keterangan lainnya pada menu.
     

2 komentar:

  1. Mau tanya nih... Perlu ga sih subDomain ini dibuat ? kalo perlu kasih penjelasannya yah..

    comment balik yah tinggal klick aja http://tinyurl.com/6wlo36e

    thx sebelumnya XD

    BalasHapus
  2. menurut ulasan ko dijelaskan pada usability kalo terlalu banyak widget itu ngga bagus. Namun, pada design lo bilang terlalu simple. Jadi maksudnya menurut lo yg bener gimana nih?

    BalasHapus